Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger


Forpeka, For Parkour cause My Way is Parkour. Against Competition . 4PK For Parkour cause My Art is Parkour
;

Saturday, May 30, 2009

Menurut Saya

Pertama kali berlatih parkour, Apa yang harus dipersiapkan ?


Secara pribadi sebelum berlatih bersama anak-anak PK di depok saya melatih fisik saya dulu selama 32 hari (total yang saya hitung). Latihan mulai dari melatih kegiatan otot lengan, pundak, dan paha. Melatih kekuatan tulang kaki dan pergelangannya, melatih tangan dan pergelangan tangan. Semua latihan itu saya lakukan di rumah dan saya lakukan rutin karena memang berniat benar-benar menjadikan Parkour sebagai "agama kedua" dalam hidup. Bingung cara berlatih? Saya mencari info variasi-variasi pembentukan fisik di youtube, dengan keyword "pushup, parkour training, learn parkour, Conditional parkour training dan lainnya saya mengacak acak youtube sampai bertemu banyak variasi gerakan push up. Jadi saran pribadi saya latihlah dulu fisik sebelum memulai jumpalitan.

Sepatu menurut saya adalah hal yang perlu diperhatikan ketika ingin berPK, sepatu untuk lari atau jogging yang paling pas. Tentunya adalah sepatu yang ringan, menyangga engkel/engsel kaki, nyaman untuk mendarat saat loncat, dan mempunyai permukaan yang tidak licin. Penggunaan sepatu futsal untuk berlatih nampaknya perlu dipikirkan lagi. Ketika saya berlatih dengan sepatu futsal yang mempunyai alas yang tidak terlalu tebal (khususnya untuk penyangga tumit) membuat tulang kering bagian dalam saya ngeri dan ngilu sampai sekarang. Jadi, saran saya jangan menggunakan sepatu futsal ketika pertama kali berlatih parkour karena tidak nyaman saat melakukan landing.

Untuk celana dan baju saya menggunakan celana training (panjang/pendek tidak masalah) dan baju kaus yang menyerap keringat. Untuk kenyamanan latihan saya sarankan memakai pakaian training.

Jangan lupa makan 2 jam sebelum latihan dan bawa perbekalan air putih sebanyak yang anda perlukan (Saya membutuhkan 2 botol aqua 1 liter selama 4 jam berlatih :).

Oke selamat berlatih.


No comments:

Post a Comment